Laman

Senin, 01 April 2013

Tracert IP website Kaskus menggunakan ISP Fastnet

Pada kali ini saya akan mencoba melakukan tracert ke link lokal bernama Kaskus dengan nama domain/URL www.kaskus.co.id menggunakan ISP Fastnet dan menggunakan OS Windows 7. Sebelum melakukan Tracert, kita lebih dahulu tahu pengertian Tracert/Traceroute. Traceroute merupakan perintah untuk melihat jalur akses ke lokasi yang kita tuju. Fungsinya memberitahukan kita ip mana yang dilewati dan jumlah hop untuk mencapai alamat tujuan yang kita trace. Jumlah hop tergantung pada jumlah server yang ada diantaranya.

Kembali ke topik, kita akan melakukan tracert ke www.kaskus.co.id menggunakan Command prompt/CMD dengan ISP Fastnet. Pertama, kita buka terlebih dahulu CMD lalu ketik tracert www.kaskus.co.id pada CMD.


Disini di ketahui bahwa IP Address dari www.kaskus.co.id adalah 202.158.17.149. Kemudian nanti akan keluar hasil tracing route ke kaskus.co.id tersebut. seperti gambar di bawah ini,



Dari gambar, terlihat jumlah hops untuk tracing route ke Kaskus.co.id berjumlah 8. Hops ini merupakan lompatan atau perpindahan data route yg di tuju. Tiap route mempunyai waktu dalam merequest data/perpindahan data. Contoh pada route ke 1, itu jumlah waktu nya 7ms 9 ms dan 19 ms. semakin kecil waktu perpindahan data, semakin cepat/baik mengakses ke Kaskus.com.

Kemudian untuk mengetahui route yang kita lewatkan, buka http://whatismyipaddress.com/, masukan ip address yang di tuju. Nanti akan terlihat detail tentang IP address tersebut. Untuk 10.154.192.1 itu merupakan hostname dan IP address dari route sesorang ( saya track gak terdaftar , malah merupakan private IP address, hahaha ^.^). Untuk Hop ke 2-3 dan ke 4 merupakan hostname dari server fastnet dengan ip address server 202.73.96.73/110.



kemudian untuk Hop ke 5-7 merupakan hostname dari server Kaskus dan IP address servernya (210.210.161.177/8). 


Dan untuk Hop ke 8 itu juga merupakan hostname dari server Kaskus dan IP address servernya (202.158.17.149) tapi beda daerah, server dan IP addressnya. 

Sekian tracert ke Kaskus menggunakan ISP Fastnet. Tercetak bahwa dari gambar bahwa Trace Complete. Artinya trace yang kita lakukan berhasil sampai ke Kaskus atau IP tujuan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar